English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Ondeh - Ondeh lebih Dikenal Dengan Klepon, Asli Makanan Tradisional Asal Indonesia

 

Gambar: shortquotes.cc

Bagi kamu warga negara Indonesia pasti kenal dengan Klepon, tapi warga Sumatera Barat atau Orang Padang lebih sering menyebut makanan khas tersebut dengan Ondeh - Ondeh. Penasaran bukan ?

Pertama kali aku kenal ondeh - ondeh ketika aku masih berumur 6 tahun, saat itu nenek memberikan makanan tradisional tersebut, berwarna hijau, berlumuran kelapa yang di parut dan ketika aku coba gigit, pada bagian dalamnya ada gula aren. 

Jika kamu warga negara asing, pastinya makanan tradsional ini, hanya dapat kamu jumpai di Indonesia. Dan sekarang Ondeh - Ondeh alias klepon, masih banyak kamu jumpai di provinsi Sumatera Barat.

Saat aku berada di Pekanbaru, Riau sekitar tahun 2017. Aku juga pernah berjumpa dengan penjaja makanan tersebut, namun aku tidak dapat pastikan apakah Ondeh - ondeh (klepon) masih mudah di jumpai, aku belum bisa pastikan. Namun jika di Sumatera Barat atau Kota Padang, aku masih banyak jumpai makanan tradisional tersebut.

Bagaimana cara membuatnya?. 

Berikut aku lanjutkan tulisan pada artikel sederhana, apa saja bahan - bahan untuk membuat ondeh - ondeh atau klepon:

  • Tepung ketan
  • Daun Pandan
  • Gula merah/ gula aren
  • kelapa parut
  • air secukupnya
Kira - kira gambaran bahan - bahan untuk membuat ondeh - ondeh atau klepon seperti yang aku utarakan diatas. Dan bagaimana cara membuatnya ?, kamu dapatkan caranya dengan browsing di Internet. Semua materi membuat ondeh - ondeh atau klepon dapat dengan mudah kamu temukan.

Kamu penasaran dengan ondeh - ondeh (klepon)?. yuk coba sensasi nikmatnya ondeh - ondeh atau klepon saat berkunjung ke Indonesia tepatnya di Padang, provinsi Sumatera Barat.

No comments:

Powered by Blogger.