English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Istana Silindung Bulan, Merupakan Zaman Kerajaan Pagaruyung, Sumbar

Istana Silindung Alam - Pagaruyung, Sumbar
Pagaruyung merupakan sebuah nama Nagari atau desa yang terletak di Kabupaten Tanah Datar,  Provinsi Sumatera Barat.

Sebuah Istana Selindung Bulan, aku lihat saat melintas tadi siang. Sebuah istana kerajaan zaman dahulu yang terletak di depan Istana Pagaruyung.




Istana Silindung Bulan tidak sebesar Istana Pagaruyung, aku perhatikan dari struktur bangunannya,  bangunan berdiri sekitar tahun 1800 an. Aku tidak tahu pasti tahun berapa berdirinya istana ini. Untuk pastinya anda dapat mencari info dari penduduk sekitar yang tinggal di sekitar istana Silindung Bulan.

Kenapa nama istana dibuat dengan nama Istana Silindung Bulan?,  aku tidak tahu pasti juga, awal sejarahnya dibuat nama Istana Silindung Alam. Namun aku yakin dan percaya pada zaman kerajaan Pagaruyung memiliki asal usul yang bersejarah. Aku jadi penasaran mau mencari info,  tentang Istana Silindung Alam. Hehe
Aku memang tidak  sempat masuk ke dalam bangunan Istana Silindung Alam,  karena jam sudah menunjukkan jam 4 sore. Mungkin lain dan kesempatan aku akan mencoba untuk bermalam di Nagari Pagaruyung, sehingga aku dapat memberikan info kepada anda tentang Istanan Silindung Alam.




Demikian sekilas tentang perjalanan aku ke Istana Silindung Alam. Meski hanya berupa gambar saja yang aku publish di BlogNotes ini. Namun dengan adanya Istana Silindung Alam. Bahwa dahulu kerajaan Pagaruyung pernah berjaya. Salam BlogNotes. ( yull.hartono.com )

No comments:

Powered by Blogger.